Kamis, 10 Januari 2013

Tugas Pengganti UAS Psikologi Persepsi


Iklan Kue Tradisional



Konsep :
Konsep dasar dari poster yang saya buat adalah modern, menggugah selera dan cantik seperti namanya (putu ayu). Kue putu ayu sejenis kue tradisional yang di kukus. Biasanya berwarna hijau dengan hiasan parutan kelapa diatasnya. Kue putu ayu berbentuk bulat dan mempunyai lubang di tengah. Point penting dalam membuat putu ayu adalah pada cara memarut kelapanya. Sebaiknya kelapa di parut secara manual dengan di singgat. Sehingga serat kelapa yang diperoleh panjang-panjang dan terlihat segar. Jika menggunakan parutan mesin, serat kelapanya tidak terlihat karena hasil parutan terlalu halus. 

Visual :
secara visual, tampilan pada poster ini menurut saya sudah sesuai dengan konsep, dengan menampakkan foto kue yang cukup menggugah selera dan menunjukkan kenikmatan dari kue ini. visual nikmat dan menggugah selera di dapat dari hiasan kue putu ayu yang ditambah daun pandan dan cherry, agar warnanya tidak monoton dan dapat menarik perhatian audience. Warna hijau dari kue putu ayu juga menjadi salah satu kue ini terlihat sangat nikmat dan enak.

Segmentasi Pasar :
Target Audience dari poster yang saya buat adalah masyarakat kalangan menengah karena dominasi masyarakat Indonesia adalah kalangan menengah. Walaupun kue putu ini kue tradisional dan biasanya ditemui dipasar, saya sengaja membuat poster dengan konsep seperti diatas “modern, mewah, dan menggugah selera” agar kue putu ayu ini juga dapat dinikmati untuk masyarakat kalangan menengah ke atas.

Kesesuaian dengan Budaya Sekitar :
karena segmentasi pasar dari poster ini adalah masyarakat Indonesia, maka saya berusaha menyesuaikan tampilan visual poster dengan cara budaya khas Indonesia dan menggunakan tagline dengan bahasa Indonesia.

Prediksi Hasil :
Jika dilihat keseluruhan, dari mulai konsep sampai segmentasi pasar prediksi hasil dari poster ini adalah dapat diterima masyarakat dan mendapatkan respon positif karena poster ini sesuai dengan budaya sekitar dan mudah dipahami oleh masyarakat.




Poster Kritik Sosial




Konsep :
Konsep dari poster ini adalah sindiran terhadap orang yang suka melanggar peraturan lalu lintas di lampu merah, seperti menerobos batas garis lampu merah terutama bagi pengguna sepeda motor. Secara umum maksud dari poster ini adalah menunjukkan pada semua orang yang suka menerobos dan ingin menjadi yang terdepan, tetapi terdepan tidak selalu benar

Visual :
Dari segi visual, poster ini diambil dari potret masyarakat yang menghalalkan berbagai cara untuk menghindari kemacetan dan selalu ingin jadi yang terdepan, terutama bagi pengendara sepeda motor. Tagline yang saya pakai pada poster tersebut adalah “tak selamanya terdepan itu Benar” mudah dipahami bagi audience karena secara visualisasi foto atau ilustrasi dan tagline cukup relevan.

Segmentasi Pasar :
Segmentasi pasar pada poster ini adalah semua pengguna kendaraan, terutama pengguna sepeda motor usia antara 17 tahun ke atas.

Prediksi Hasil :
Hasil yang saya prediksikan dari masyarakat terhadap poster ini adalah adanya respon  positif dari masyarakat agar pesan yang ada di dalam poster dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dimengerti bagi audience atau masyarakat yang membaca poster ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar